Jumat, 22 Oktober 2010

Sehat dengan Madu

Berbicara tentang madu sepertinya sudah tak asing lagi. Madu adalah hasil lebah dari sari bunga. Madu asli 100% murni berkhasiat bagi kesehatan dan kecantikan. Madu merupakan salah satu jenis pemanis, selain juga memiliki daya antiseptik serta efek laksatif ringan.

Madu asli 100% murni juga mengandung berbagai zat mineral yang diperlukan tubuh untuk menjaga kelangsungan hidup dan kesehatan. Mineral dalam madu antara lain adalah zat besi, tembaga, silikon, khlor, kalsium, potasium, fosfor, aluminium, dan magnesium.

Kadar mineral pada madu asli 100% murni berbeda-beda, tergantung pada sumber-sumber mineral tanah di mana tumbuhnya bunga yang disedot oleh lebah-lebah untuk dibuat menjadi madu.

Madu asli 100% murni dapat dikonsumsi oleh siapa saja, baik tua maupun muda, bahkan anak usia balita (bawah lima tahun). Namun harus diingat, madu yang baik adalah madu asli 100% murni.

Manfaat madu asli 100% murni bagi bayi balita antara lain adalah untuk membantu pertumbuhan tubuh, berkhasiat bagi pengembangan otak dan kecerdasannya. Sejak masih dalam kandungan pun madu sangat baik diberikan melalui ibunya, tapi jangan berlebihan. Zat gula yang mudah diserap oleh tubuh melancarkan pencernaan, menghindarkan kejang (kholik) pada bayi, meningkatkan kecerdasan, mengatasi kebiasaan mengompol, tidur lebih nyenyak, mengatasi batuk, mengatasi gangguan pernapasan, menyuburkan rambut, sembelit dan lain-lain.

Zat-zat yang terkandung dalam madu asli 100% murni, antara lain: air, levolusa (d-fruktosa), dekstrosa (d-glukosa), sukrosa, dekstrin, protein, acid-acid tumbuham, garam-garam galian, gum, resin, debunga, tinggi vitamin C dan mengandung semua vitamin yang dibutuhkan tubuh. Selain juga kaya akan mineral-mineral seperti zat besi, tembaga, siliko, khlor, kalsium, potasium, sodium, fosfor dan aluminium.

Manfaat madu asli 100% murni bagi kesehatan, yaitu, gangguan paru-paru, tukak lambung, tekanan darah tinggi, meningkatkan kecerdasan, sakit perut, batuk, selesma, pegal linu, sakit pinggang, kaku pada leher, rematik, pengapuran, sembelit, memperlancar buang air kecil, menyuburkan rambut, sakit kepala dan meningkatkan stamina

Pemanfaatan madu asli 100% murni dapat dikombinasikan dengan bahan obat alamiah, misalnya jamur, air rebusan maupun dengan cara diblender atau jus.
sumber :

Prof HM Hembing Wijayakusuma,
ahli pengobatan tradisional dan akupunktur;
Ketua Umum Himpunan Pengobat Tradisional &
Akupunktur se-Indonesia (Hiptri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar